Rabu, 17 Juli 2013

Manfaat Kulit Pisang

Siapa yang tak menyukai buah pisang? Teksturnya yang padat sekaligus lembut membuat ia banyak diminati. Pisang termasuk salah satu buah yang mudah dijumpai di mana-mana. Indonesia memang negara tropis dan buah pisang adalah salah satu komoditas tanaman yang tumbuh subur di daerah tropis. Karena melimpah, buah pisang dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Mungkin sebagian dari kita hanya mengetahui pisang yang bisa dikonsumsi dan kaya akan manfaat adalah daging buahnya saja. Padahal bukan hanya daging buahnya yang bermanfaat, kulit dari buah pisang ini juga memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Kulit pisang mengandung kalium, serat larut dan tidak larut yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging buah pisang yang biasa kita konsumsi. Untuk itu, jangan langsung membuang kulit pisang setelah anda mengkonsumsi buah pisang, karena kulit dari pisang yang lunak tersebut memiliki beberapa kandungan dan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Ada beberapa manfaat kulit pisang yang bisa kita dapatkan, diantaranya:
1.Sebagai pereda nyeri.
Kulit pisang mengandung sejumlah minyak nabati juga senyawa yang sangat baik untuk meredam rasa nyeri. Caranya: Tempelkan kulit pisang yang sudah dibersihkan dan yang masih dalam keadaan segar pada bagian tubuh yang mengalami rasa nyeri karena terbakar atau tergores benda tajam.

2.Mengatasi rasa gatal.
Jika sering merasakan gatal akibat gigitan serangga atau semut, gunakan kulit pisang. Cukup tempelkan dipermukaan kulit yang gatal.

3.Sebagai penambah mood.
Kulit pisang kaya akan zat serotonin, zat ini bertanggung jawab atas rasa bahagia dalam tubuh manusia. Dengan rutin mengkonsumsi kulit pisang, akan membantu anda lebih rileks.

4.Melenyapkan sakit kepala.
Caranya: Cukup haluskan kulit pisang dan tempelkan pada bagian kepala seperti mengkompres. Dalam beberapa waktu, sakit kepala akan hilang.

5.Mempercepat penyembuhan luka.
Jika anda punya luka yang sudah tertutup lapisan kulit menghitam dan tampak mengganggu, cukup tempelkan kulit pisang agar lapisan kulit hitam tersebut segera hilang tanpa bekas.

6. Baik untuk meningkatkan kesehatan mata dan melindunginya dari katarak.

7.Mengusir kutil.
Kutil memang biasanya kecil tapi tetap aja mengganggu. Hal ini bisa diatasi dengan kulit pisang. Caranya: Cukup tempelkan kulit pisang pada kutil, tahan lalu rekatkan dengan plaster dan biarkan selama mungkin. Lakukan hal ini sampai kutil berhenti tumbuh dan hilang sepenuhnya dari kulit.

8.Melenyapkan jerawat.
Caranya: Cukup tempelkan, bisa juga dihaluskan dan kemudian dibuat seperti masker, gunakan dimalam hari.

Ternyata bukan hanya daging buah pisang yang bisa kita dapatkan, kulit pisang juga kaya akan manfaat untuk tubuh kita. Sebagian besar dari kita masih banyak yang belum mengetahui rasa dari kulit pisang. Memang bagian pembungkus dari daging buah pisang ini sering kali hanya menjadi sampah dikarenakan rasanya yang tidak enak. Tapi siapa sangka, ternyata bagian ini mengandung sejumlah unsur gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan unsur gizi dalam kulit pisang cukup lengkap, seperti: karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, beberapa vitamin B dan C, serta air. Kesemuanya unsur ini dapat bermanfaat sebagai sumber energi dan juga antibodi bagi tubuh manusia.

Nah, bagaimana dengan cara mengkonsumsi kulit pisang ini? Banyak sekali bahkan ribuan cara yang bisa kita gunakan untuk mengkonsumsi kulit pisang yang kaya akan manfaat ini, dan yang paling mudah dan sering adalah dengan cara di jus bersamaan dengan buah yang lainnya. Langkahnya sangat mudah, yaitu dengan mencincang kulit pisang kecil - kecil dan kemudian dimasukkan ke dalam blender dengan buah lainnya kemudian blender selama beberapa menit. Cukup mudah bukan untuk mendapatkan manfaat dari kulit pisang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar