Rabu, 17 Juli 2013

MANFAAT KELAPA MUDA

Pernah Makan Buah Kelapa? Ini Manfaatnya Buat Kesehatan.

Kelapa dalam bahasa Latin disebut Cocos Nucifera merupakan tanaman yang termasuk dalam jenis tanaman palma dengan buah yang berukuran cukup besar dibanding dengan tanaman jenis palma yang lain. Tumbuhan yang satu ini dimanfaatkan hampir di semua bagiannya untuk menunjang kehidupan terutama bagi manusia oleh karena itu tanaman kelapa dianggap sebagai tumbuhan yang multiguna, terutama bagi orang-orang di daerah pesisir. Kelapa juga disebutkan untuk buah yang dihasilkan oleh tumbuhan tersebut.Tumbuhan atau tanaman kelapa sendiri diperkirakan berasal dari daerah pesisir di Samudera Hindia di sisi Asia, namun dalam perkembangan dunia kini tanaman kelapa telah bertumbuh dan beredar luas hampir di seluruh dunia.

Kelapa yang tumbuh subur dan sering dikaitkan dengan sejarah panjang negara kita ini (Indonesia) dan menjadi salah satu tumbuhan yang dijadikan lambang persatuan pramuka Indonesia ini mempunyai manfaat yang sangat amat banyak. Manfaat dari tumbuhan ini bukan hanya untuk kesehatan saja, hampir semua bagian dari tumbuhan ini mempunyai manfaat. Perlu diketahui bahwa air kelapa mengandung 4,7% dari total padatan, 2,6 % gula, 0,55 % protein, 0,74 % lemak, serta 0,46 % mineral. Komposisi gizi yang baik dari buah kelapa tersebut menyebabkan air kelapa dapat difungsikan sebagai media untuk pertumbuhan mikroba, misalnya saja Acetobacter Xylinum yang digunakan untuk produksi nata de coco.

Manfaat yang bisa kita peroleh dari buah kelapa untuk kesehatan tubuh:

1.Penanganan Pertama Keracunan. Siapkan 1 butir buah kelapa yang masih segar dan yang paling utama adalah kelapa hijau, ambil airnya atau langsung diminum dan racun dalam tubuh akan ternetralisir oleh kandungan air kelapa hijau. Catatan penting: jika keracunannya sudah parah ini hanya untuk penganan pertama selanjutnya bawa kedokter supaya benar-benar sembuh.

2.Mengatasi Panas Dalam. Siapkan buah kelapa muda yang masih segar (kelapa hijau) dan sebutir telur ayam (jenis ayam kampung) yang masih mentah. Ambil air kelapanya, kemudian masukan telur ayam kampung yang sudah di siapkan kedalam air kelapa ,minum sampai habis campuran air kelapa dan telur ayam kampung saat siang hari

3.Obat Sakit Panas. Air kelapa muda sekitar satu gelas dan madu murni satu sendok dan campur sampai benar-benar merata. Minum campuran air kelapa hijau dengan madu dengan takaran:
* Untuk orang dewasa: 2x perharinya yaitu pagi dan sore hari (perminum 1 gelas)
* Untuk balita: 2X perhari, namun dengan ukuran hanya setengah cangkir teh.

4.Mengatasi Demam Berdarah. Ambil kelapa hijau muda dan satu buah jeruk nipis, buka atau lubangi ujung dari buah kelapa muda, masukan air perasan jeruk nipis kedalam kelapa yang sudah dilubangi tadi, aduk hingga air kelapa dan jeruk nipis benar-benar tercampur rata. Konsumsilah air ini rutin 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari sampai demam berdarah anda sembuh.

5.Mengatasi Penyakit Kencing Batu. Satu buah kelapa hijau segar dan muda serta satu butir telur ayam kampung yang masih mentah. Caranya: lubangi ujung pangkal buah kelapa, kemudian masukan telur ayam yang sudah kita siapkan tadi ke air buah kelapai dan konsumsilah rutin ramuan ini minimal 2 kali dalam seharinya yaitu saat pagi hari dan sorenya.

6.Mengatasi Penyakit Influenza. Ambil sekitar seperempat buah kelapa yang sudah tua dan satu rimpang tumbuhan rempah kencur dengan ukuran rimpang sebesar ibu jari. Caranya: Parut rimpang kencur tadi dan parut ¼ kelapa tua, lalu campurlah kedua bahan yaitu parutan kencur dan kelapa, lalu masukan air matang sekitar 1 gelas, peras airnya dan pisahkan dari ampasnya,minumlah segelas ramuan satu hari satu kali.

Pohon kelapa memang luar biasa bermanfaat bagi manusia. Selain untuk kesehatan, bagian lain dari pohon kelapa sering digunakan manusia untuk keperluan hidup sehari-hari. Mungkin inilah salah satu dari sedikit tanaman yang semua bagiannya, dari mulai akar, batang dan buah bermanfaat bagi manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar